About KMII

KMII, merupakan kepanjangan dari Keluarga Masyarakat Islam Indonesia, merupakan organisasi dakwah Islam di Jepang yang dimotori oleh masyarakat islam Indonesia yang tinggal di Jepang. Pada awalnya berdirinya organisasi dimotivasi adanya kebutuhan untuk penyelenggaraan ibadah seperti : sholat Jum’at, sholat Ied untuk masyarakat islam Indonesia khususnya di daerah Tokyo. Namun sejak sekitar beberapa tahun tahun yang lalu, orientasi kegiatan KMII tidak hanya untuk pelayanan kepada masyarakat Islam Indonesia di Jepang saja, namun sudah terjun ke bidang dakwah ke masyarakat Jepang. Saat ini kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh KMII lebih diorientasi untuk meningkatan kualitas beragama untuk masyarakat islam Indonesia di Jepang, dan ikut berperan aktif dalam mengenalkan agama Islam ke masyarakat Jepang bersama kominitas-kumnitas muslim dari negara Islam lainnya.

Pusat kegiatan KMII, sebagaian besar dilaksanakan di Balai Indonesia yang berada dalam satu komplek dengan Sekolah Republik Indonesia Tokyo di Meguro. Insya Allah, bila dimungkinkan perlu dimulai untuk penjajagan pendirian komplek Mesjid sebagai pusat kegiatan KMII.

Kepengurusan KMII bersifat terbuka bagi setiap masyarakat Islam Indonesia mulai dari staf KBRI, masyarakat Islam yang bekerja di Jepang, pelajar, sampai dengan Ibu rumah tangga. Kepengurusan dipilih setiap satu tahun (hijriyah), biasanya penyusunannya diadakan setelah Idul Fitri.