Lokasi Tempat Shalat di Sekitar Tokyo

Bagi umat Islam shalat lima waktu adalah kewajiban yang tidak dapat ditinggalkan. Walaupun Jepang merupakan negeri yang umat muslim adalah minoritas, bukan berarti kita tidak bisa menunaikan kewajiban shalat. Jika dahulu tempat shalat masih cukup terbatas sehingga memaksa kita untuk mencari tempat sepi dan ‘aman’ untuk shalat, tetapi alhamdulillah sekarang lokasi tempat untuk shalat sudah mulai bertebaran di Jepang. Jepang sudah mulai menjadi negeri yang muslim friendly bagi traveler. Melalui tulisan ini akan kami bahas mengenai beberapa tempat shalat yang bisa dipakai di sekitar Tokyo yang bisa menjadi rujukan.

Disclaimer : Kami hanya berusaha menyajikan lokasi tempat shalat, apabila kebetulan berada di lokasi bisnis (rumah makan atau toko) bukan berarti kami bekerja sama dengan tempat tersebut untuk promosi.

Shibuya

Shibuya merupakan salah satu distrik teramai di Tokyo, berikut merupakan lokasi tempat shalat di daerah Shibuya

1. Masjid Tokyo Camii

Sumber : http://www.triponhalal.com/japan/masjids

Masjid ini merupakan masjid tertua di Tokyo dan juga yang terbesar. Jika berjalan-jalan di sekitar Yoyogi atau Shibuya tidak ada salahnya mengunjungi masjid ini.

Lokasi masjid :

2. Mushola Shibuya

Sumber foto : https://tictokyo.files.wordpress.com
Sumber foto : https://tictokyo.files.wordpress.com
Sumber foto : https://tictokyo.files.wordpress.com

Musholla ini terletak di gedung Noa Dogenzaka lantai 11 room no 7. Apabila sampai di depan gedung naik lift dan berhenti di lantai 11 kemudian belok kanan. Sekitar 5 sampai 10 menit jalan kaki dari stasiun Shibuya. Tersedia tempat wudhu yang bergabung dengan toilet. Musholla ini juga menyelenggarakan shalat Jumat pada pukul 12:45. Kapasitas jamaah sekitar 15 orang.

Lokasi :

3. Ippin Ebisu

sumber foto: http://mohdzarin.com

Hanya berjarak satu stasiun dari Shibuya, stasiun terdekat adalah Ebisu dan dapat dicapai menggunakan JR Yamanote line. Atau dapat juga diakses menggunakan Tokyu Toyooko Line dan stasiun terdekat adalah Daikan-yama. Terdapat tempat shalat (1 sajadah) untuk pengunjung. Akan tetapi tidak tersedia tempat untuk wudhu.

Lokasi :

Meguro

1. Musholla di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT)

Sumber foto : Wikipedia

Terdapat musholla di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT). Insya Allah pula di lokasi yang sama akan dibangung masjid Indonesia pertama di Tokyo. Pada hari Jumat juga diselenggarakan shalat Jumat yang bertempat di sport hall mulai pukul 12:30.

Lokasi :

2. Tokyo Institute of Technology, Ookayama Campus

11130246_10155408796250297_4029147484847738420_n

Jumlah mahasiswa Indonesia dan mahasiswa muslim dari berbagai negara cukup banyak di kampus ini. Terdapat beberapa lokasi tempat shalat (musholla) yang biasa dipakai oleh mahasiswa muslim. Beberapa gedung yang biasa dipakai untuk shalat adalah gedung N2 lantai 6++, gedung W9 lantai 9++, dan gedung S3 lantai 10++. Tidak tersedia tempat wudhu, sehingga harus berwudhu di toilet. Khusus hari jumat, shalat Jumat diselenggarakan mulai pukul 12:30 di gedung W1.

Lokasi :

Shinjuku

Takashimaya Dept. Store

13151760_10156885624230297_2501854751191182374_n

Hanya beberapa menit dari stasiun Shinjuku, salah satu stasiun tersibuk di Jepang. Terdapat musholla di lantai 11 dekat dengan toko yang menjual bahan jas. Tersedia tempat wudhu. Musholla ini dapat digunakan pada jam operasi Takashimaya. Untuk membuka pintu musholla harus lapor melalui intercom.

Lokasi :

Akihabara

LAOX

Sumber foto: http://www.halalmedia.jp

Akihabara merupakan destinasi untuk wisata belanja barang elektronik atau game di daerah Tokyo. LAOX Akihabara menyediakan tempat shalat di lantai 7. Tersedia sajadah untuk dua orang. Tidak tersedia tempat wudhu sehingga harus menggunakan toilet untuk berwudhu. Di tempat ini juga menjual produk halal untuk suvenir.

Lokasi :

Odaiba

Odaiba merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal akan patung Gundam ukuran 1:1, rainbow bridge, dan patung Liberty ukuran kecil. Lokasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Tokyo Big Sight

Sumber foto : http://www.halalmedia.jp

Terdapat tempat shalat di  Tokyo Big Sight. Dapat digunakan pada pukul 09:00 sampai 18:00. Tersedia tempat wudhu.

Lokasi :

Ueno

Selain Ueno Park, terdapat juga Ueno shopping street yang menyediakan berbagai suvenir khas Jepang dengan harga yang murah.

Masjid Assalaam Okachimachi

sumber foto : http://www.halalmedia.jp

Stasiun terdekat adalah Ueno-okachimachi. Jika ingin berjalan kaki dari Ueno sta, waktu temouh sekitar 15 sampai 20 menit. Setiap dua minggu sekali di masjid ini juga diadakan kajian yang diadakan oleh FORKITA.

Lokasi :

Asakusa – Tokyo Skytree

Asakusa merupakan distrik yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa spot wisata yang ramai antara lain Kuil Sensoji. Dari Asakusa, kita juga dapat melihat Tokyo Skytree dengan jelas. Berikut ini merupakan tempat shalat di sekitar Asakusa dan Tokyo Skytree.

1. Masjid Darul Arqam Asakusa

Masjid ini lokasinya tidak begitu dekat dengan stasiun dan pusat keramaian. Kurang lebih dibutuhkan waktu tempuh 20 menit dengan berjalan kaki untuk sampai di masjid ini.

Lokasi :

2. Naritaya Asakusa

sumber foto : www.tripadvisor.com

Tempat ini merupakan kedai mie halal yang tidak menyajikan minuman beralkohol. Di lantai 2 terdapat tempat shalat untuk pengunjung rumah makan ini akan tetapi hanya cukup untuk satu orang. Tersedia juga tempat wudhu. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan Sensoji temple.

Lokasi :

3. Ippin Asakusa

Sumber foto : http://www.halalmedia.jp

Tidak jauh dari Naritaya Asakusa, ada lagi rumah makan yang menyediakan makanan halal. Untuk shalat dapat ditanyakan ke pelayan toko untuk meminjam sajadah. Lokasi shalat dapat menggunakan lantai 2 akan tetapi bergabung dengan lokasi makan tanpa ada sekat. Tidak tersedia tempat wudhu.

Lokasi :

 

4. Tokyo Chinese Halal Kinsicho

Sumber foto https://indonesia.fun-japan.jp

Stasiun terdekat adalah Kinsicho, satu stasiun dari Oshiage (Tokyo Skytree). Apabila dari Tokyo Skytree dapat menggunakan Tokyo Metro Hanzomon Line. Terdapat tempat shalat untuk pengunjung yang muat untuk satu orang. Terdapat juga tempat wudhu di toilet.

Lokasi :

Ginza

Ginza merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan untuk berbelanja, terutama yang suka dengan barang-barang branded.

LAOX Ginza EXITMELSA

sumber foto: http://www.halalmedia.jp

EXITMELSA terletak di Chuo-street Ginza. Toko LAOX sendiri terletak di lantai 4 sampai lantai 6. Di lantai 6 tersedia sovenir untuk muslim dan juga tempat shalat (untuk wanita di lantai 5). Tidak tersedia tempat wudhu. Tempat shalat dapat digunakan selama jam buka toko.

Lokasi :

Ikebukuro

Salah satu distrik teramai dan padat di Tokyo. Terdapat toko elektronik seperti Big Camera dan Yamada Denki.

1.Masjid Otsuka

sumber foto : http://www.travelience.com

Masjid ini terletak di tengah kota Tokyo dan hanya satu stasiun dari Ikebukuro menggunakan JR Yamanote line. Stasiun terdekat adalah Otsuka. Dari stasiun jalan kaki sekitar 3 sampai 5 menit.

Lokasi :

2. Manhattan Fish Market Ikebukuro

Restoran ini menyajikan menu halal. Terdapat tempat shalat (satu sajadah) untuk pengunjung restoran ini. Tidak tersedia tempat wudhu sehingga harus menggunakan toilet. Untuk tempat shalat dan sajadah dapat ditanyakan kepada pelayan.

Lokasi :

Shin-Okubo

Merupakan daerah yang terkenal untuk belanja bahan makanan halal atau international foods di daerah Tokyo.

Musholla Shin-okubo

Sumber foto : man-fauzi.blogspot.jp/2014/12/masjid-di-jepang-shinokubo-mushalla.html

Terletak tidak jauh dari stasiun Shin-okubo JR Yamanote line. Di lokasi ini juga menyelenggarakan shalat Jumat. Lokasi shalat untuk jamaah pria dan wanita terpisah.

Lokasi :

Itulah beberapa lokasi tempat shalat yang bisa dipakai/dikunjungi selama traveling di Tokyo. Insya Allah tulisan ini akan diupdate secara berkala.

Note : Beberapa lokasi menyediakan tempat wudhu dan lap sekali pakai untuk mengeringkan. Biasakan membuat lokasi wudhu untuk tidak becek dan kotor dengan mengeringkan kaki dan muka setelah berwudhu. Jika tidak tersedia tempat wudhu, maka berwudhulah di toilet. Bagi masyarakat Jepang, toilet yang bersih adalah toilet yang kering. Usahakan untuk tidak membuat becek lantai toilet dan tidak mengangkat kaki di wastafel (terutama saat ada orang Jepang).