Pelaksanaan Shalat Gerhana Matahari

TOKYO (09/03) Kaum muslimin dari berbagai penjuru di Tokyo dan sekitarnya berduyun-duyun mendatangi musholla Sekolah RI Tokyo. Mereka sangat antusias untuk mengikuti jalannya sholat gerhana matahari ini. Tampak dalam barisan jamaah pejabat KBRI Tokyo Alinda MZ yang khusyu dan berbaur dengan masyarakat.

Sementara itu Jamaludin Fikri dalam khutbahnya mengatakan bahwa salah satu tanda-tanda kebesaran Allah swt adalah diciptakan-Nya alam semesta ini dengan segala keteraturan.

“Fenomena terjadinya gerhana mestinya bisa menjadikan manusia semakin kagum dengan keagungan Allah swt”, tandasnya.

Lebih lanjut khatib mengatakan bahwa, sejatinya Allah Rabbul Alamin menciptakan alam semesta ini satu paket yaitu beserta ‘petunjuk pemakaiannya’, alam semesta diciptakan dengan aturan-aturannya. Dengan demikian, mestinya manusia menyadari bahwa ketika kita hidup di dunia milik Allah swt maka aturan-aturan main pun harus diperhatikan. Tidak bisa seenaknya sendiri, nikmat dari Allah swt diambil tapi sebaliknya dia tidak mau beribadah kepadaNya.

Sementara itu Puji Nugroho salah satu jamaah yang sengaja datang dari Chiba mengatakan bahwa momen sholat gerhana sangat langka apalagi ketika sedang berada di luar negeri. (jos)

Sh-gerhana3

Sh-gerhana2